Pustakawanbarru.com - Jika ditanya kapan waktu terbaik untuk membeli sebuah kendaraan? Tentunya ketika keuangan Anda sudah mencukupi guna membeli kendaraan baru tersebut. Pada dasarnya memiliki mobil sendiri memang sudah menjadi kebutuhan, salah satunya adalah untuk orang-orang yang sudah bekerja, mengingatkan ada tuntutan untuk bergerak lebih cepat. Sedangkan masyarakat sendiri juga ingin lebih nyaman dalam pergerakan mereka, untuk itu kendaraan pribadi menjadi pilihan terbaik untuk digunakan. Bisnis jual beli mobil juga kian marak dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang kian tinggi akan produk tersebut.

5 Alasan Mengapa Transaksi Jual Beli Mobil Sering Terjadi Pada Akhir Tahun - Pustakawan Barru

Bahkan jika dilihat sekarang ini sistemnya tidak hanya secara langsung, melainkan juga dengan memakai cara bisnis jual beli online. Hadirnya situs jual beli online memungkinkan transaksi berlangsung secara lebih mudah. Meskipun beberapa risiko juga ada, namun konsumen hendaknya juga tidak perlu takut akan hal tersebut, melihat dari faktanya sendiri sudah ada perlindungan bagi konsumen yang akan melakukan transaksi belanja online dengan nominal yang tinggi. Salah satunya adalah untuk pembelian kendaraan tersebut, sehingga tidak perlu khawatir.


Jual beli mobil online ini pada dasarnya juga tidak jauh berbeda dengan transaksi secara langsung, baik dari segi harga maupun pilihan produknya. Konsumen juga bisa pilah-pilih harga yang lebih murah, sama dengan pembelian secara langsung. Transaksi pembelian sebuah kendaraan paling sering terjadi adalah di akhir tahun. Dari zaman dahulu tingkat pembelian konsumen di akhir tahun yaitu Desember memang lebih tinggi dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya, alasannya adalah:

  1. Akhir tahun adalah waktu yang terbaik untuk menggenjot penjualan, bukan hanya kendaraan, jika dilihat barang lainnya seperti gadget, kemudian juga item fashion dan sejenisnya juga paling banyak ditawarkan di akhir tahun. Seperti sebuah keharusan memang banyak diantara masyarakat yang ingin mengganti hal-hal yang dimilikinya dengan yang baru ketika awal tahun telah tiba. Sehingga di akhir tahun mereka akan berbondong-bondong untuk membelinya.
  2. Diskon yang diberikan juga gila-gilaan, ada banyak toko-toko yang menawarkan diskon dengan nilai sangat tinggi. Hal ini sebenarnya dikarenakan ada keinginan dari produsen untuk mengosongkan isi gudang, sehingga di awal tahun nantinya stock dapat diisi kembali dengan model atau tipe-tipe terbaru, sehingga agar seri lama tidak rugi terlalu banyak atau memenuhi gudang untuk waktu yang lama, maka akan ditawarkan dengan harga diskon.
  3. Ada banyak showroom-showroom yang ikut serta mengadakan pameran kendaraan. Dengan banyaknya yang memajang kendaraan-kendaraan cantik tawaran terbaru dengan berbagai macam bujuk rayu dari salesnya, secara otomatis pastinya konsumen juga akan tertarik untuk mendekat. Paling tidak mendapatkan informasinya terlebih dahulu, sebelum nantinya termakan rayuan dari penjual dan ikut membeli.   
  4. Jelang liburan panjang, pastinya banyak orang yang membutuhkan kendaraan, moment liburan paling panjang baik itu untuk anak sekolahan maupun pegawai kantoran memang hanya akhir tahun, mulai dari natal hingga tahun baru. banyak yang sudah merencanakan mengisi waktu kosongnya dengan liburan, tanpa sebuah kendaraan tentunya akan sangat sulit mewujudkannya.
  5. Dalam berbagai pilihan pembayaran, bukan hanya harga yang murah saja, melainkan di sana secara langsung ada stand-stand khusus instansi pembayaran, di antaranya adalah bank-bank yang memungkinkan konsumen juga bisa langsung ambil pinjaman untuk kredit.


Bagaimana dengan Anda sendiri, apakah juga lebih tertarik membeli kendaraan baru pada akhir tahun. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga bahwa di bulan-bulan lainnya transaksi jual beli mobil ini juga selalu terjadi.