7 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh - Tentunya kamu sudah tak asing lagi dengan buah Cermai bukan? Meskipun memang jarang diketahui oleh banyak orang, sebab buah Cermai ini memang tidak dapat tumbuh di semua tempat. Buah Cermai mempunyai bentuk bagaikan bunga padat yang berwarna kuning terang dan kehijauan. Pada bagian daging dari buah ini memiliki warna kuning keputih-putihan.  Bagian dagingnya berair dan rasanya masam, sehingga tak heran jika buah ini seringkali diolah menjadi manisan, karena banyak orang memang kurang menyukai rasa masam dari buah ini. 

7 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan Tubuh


Buah Cermai banyak mengandung vitamin C, kalsium, mineral, karbohidrat, kalori, fosfor, zat besi, thiamin, serat kasar, dan pada bagian dagingnya terdapat kandungan ribloflavin. Kemudian pada bagian daunnya terkandung flavonoid, saponin, tanin, dan juga polifenol. Sedangkan pada bagian akar dari tanaman buah cermai ini juga tersimpan kandungan diantaranya asam galus, zat samak, toksik, serta Saponin. 

Cara membuat ramuan buah Cermai untuk mengatasi penyakit asma tidaklah sulit, berikut ini cara meramunya, yaitu sebagai berikut :

  • Menyiapkan buah cermai sebanyak 6 butir.
  • Bawang merah, lengkeng, akar kara dan gula secukupnya untuk penambah rasa.
  • 3 Air untuk merebus.
  • Rebuslah semua bahan dan biarkan hingga mendidih.
  • Setelah hangat bisa diminum secara teratur sampai napas kembali terasa lega.

2. Mengatasi Masalah Sembelit

Jika masalah sembelit datang, pastinya kamu akan segera mencari cara untuk mengatasinya bukan? Sekarang memang  banyak tersedia obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi masalah sembelit. Namun jika kamu terus mengandalkan obat-obatan untuk mengatasi masalah sembelit, ditakutkan akan ada efek buruk untuk kesehatan tubuhmu. Cobalah ganti obat tersebut dengan cara alami yang jauh lebih aman, yaitu dengan mengkonsumsi buah cermai. Buah cermai menyimpan kandungan vitamin C yang berguna sebagai pelancar pencernaan dan mengatasi masalah sembelit.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kondisi tubuh yang lemah akan memudahkan tubuhmu terserang oleh banyak penyakit, apalagi untuk jenis penyakit menular. Untuk itu, jika ingin terbebas dari segala macam peyakit, tubuhmu membutuhkan tingkat kekebalan yang tinggi, agar dapat melawan segala macam virus dan juga bermacam-macam radikal bebas yang berada disekitarmu. Buah cermai mempunyai kandungan nutrisi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuhmu. Nutrisi yang tersimpan dalam buah cermai sangat cukup dalam memberikan sokongan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Sebab, adanya flavonoid didalamnya akan membentuk antioksidan yang bekerja sebagai pelindung tubuh dari serangan luar.

4. Meringankan Gejala Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak ditakuti oleh semua orang. Penyakit kanker dalam proses penyembuhannyapun banyak membutuhkan biaya. Kini kamu dapat mengambil manfaat dari buah cermai untuk meringankan gejala dari penyakit kanker. Untuk membuat obat alami buah cermai untuk mengatasi penyakit kanker dapat dilakukan dengan merebus buah cermai yang dicampur dengan beberapa bahan lain seperti bidara upas, gadung cing, daun belimbing dan juga sedikit gula untuk pemanis. Minumlah secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menekan Berat Badan

Obesitas adalah salah satu masalah yang harus dihindari, sebab banyak sekali gangguan kesehatan yang bisa diakibatkan oleh berat badan berlebih. Untuk itu disarankan untuk kamu agar berat badan selalu terjaga maka hindarilah makanan yang banyak mengandung lemak dan makanan lain yang tidak sehat. Dan cobalah untuk mengkonsumsi buah cermai, sebab buah cermai mampu membantu melancarkan pencernaan selain itu, rasanya yang masam akan membuatmu mampu mengendalikan nafsu makan.

6. Membantu Menyehatkan Tulang

Tulang dalam tubuh membutuhkan asupan kalsium agar tetap terlindungi kesehatan dan kekuatannya. Maka dari itu, kamu membutuhkan bahan makanan yang didalammnya banyak menyuguhkan kandungan kalsium seperti buah cermai ini. Buah cermai memendam kandungan kalsium dan juga zat besi yang akan mendukung kesehatan tulang tubuhmu. Sehingga tulang dapat tetap sehat dan terhindar dari masalah pegerosan.

7. Membantu Menyehatkan Kulit

Ingin kulit kamu terlihat cantik bebas kusam dan juga jerawat, mulai sekarang cobalah untuk rajin mengkonsumsi buah cermai. Hal ini dikerenakan didalam buah cermai terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga jika kamu secara teratur memakannya, kamu bisa mendapatkan kulit tubuh yang sehat. Sehingga kulitmu akan terlihat lebih cerah, bersih dan terasa lebih lembut.

Itulah tadi uraian tentang 7 manfaat buah cermai untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui orang. Buah cermai juga dikenal sebagai buah yang mampu mendukung pertumbuhan, sehingga baik dikonsumsi oleh kamu yang sedang masuk pada masa pertumbuhan, sebab kandungan nutrisi didalam buah cermai ini terbilang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuhmu. Semoga bermanfaat.